31 Juli, 2007

Ketika Allah Memurnikan


Ini kisah tentang keikhlasan. Keikhlasan bening yang dijaga kemurniannya oleh Sang Penuntut Keikhlasan.

Kisah ini nyata. Saya dengar sendiri dari adik ipar saya yang berkata bahwa ia mendengar dari ipar kemenakan kami. Ipar kemenakan kami berkata:

Istrinya ustadz Yus (untuk alasan menghormati dan memelihara keikhlasan beliau, nama saya samarkan) baru-baru bercerita tentang pengalaman luar biasa dari ustadz Yus yang diceritakan kepada istrinya dan beberapa jemaah beliau.

Istri ustadz Yus suatu saat berkeluh kesah. Duit nyaris habis sementara dapur harus terus berasap. Makanya istri ustadz Yus mengeluh kepada sang ustadz. "Ustadz, uang sudah tipis. Lain kali kalau ceramah, dan jemaah kasih amplop, diambil saja ustadz, untuk bekal hidup." Begitu pinta sang istri.

********

Ulasan saya tentang seorang ustadz Yus adalah sebagai berikut. Beliau masih muda. Usianya 2 tahun lebih tua dari saya. Beliau 37 tahun. Tapi dari segi keilmuan, beliau terbilang sangat senior. Belakangan saya tahu dari jaringan para pendakwah, ustadz Yus yang sangat sederhana itu bukan sekedar terkenal sebagai ahli hadits di Indonesia saja, tapi beliau juga terkenal di negara-negara Arab. Sebagai seorang pengkaji hadits yang diperhitungkan, dakwah beliau lintas negara. Meskipun beliau tidak ke mana-mana. Ketika diam bukan berarti beliau tidak berkata-kata. Ketika tidur bukan berarti beliau tak terjaga. Ketika susah bukan serta merta beliau melarat.

Ustadz Yus banyak menulis buku. Terutama tentang kajian hadits. Beliau gaptek. Tapi beliau bukan tipe yang mudah putus asa. Bukunya beliau diktekan kepada seorang juru ketik. Selanjutnya juru ketik yang melakukan kegiatan menulis yang sesungguhnya. Tapi toh buku-buku beliau terbit juga.

Saya lupa tepatnya. Tapi dalam ingatan saya belum lebih dari setengah tahun lalu. Beliau diberi ujian berat oleh Sang Khalik. Ketika beliau sedang mengantar istri dan satu di antara 2 anak kembar laki-laki beliau untuk membeli terang bulan di pinggir jalan. Setahu saya beliau tipe pengendara yang berhati-hati. Katanya sesampai di gerobag terang bulan di pinggir sebuah jalan raya, beliau memarkirkan motor di antara banyak motor lain yang diparkir berjejeran. Istri beliau yang lagi hamil turun untuk membeli terang bulan. Sementara ustadz Yus sendiri dan anak laki-lakinya menunggu di motor.

Tiba-tiba sebuah mobil berkecepatan tinggi menghantam beliau dan anak sekonyong-konyong! Katanya beliau terseret cukup jauh. Innalillaahi wa inna ilaihi rajiuun. Anak laki-laki beliau tewas di tempat. Sementara ustadz Yus tidak sadarkan diri dan dilarikan ke rumah sakit terdekat.

Saya sempat melayat ke rumah duka. Ketika saya tanya anggota keluarga beliau, katanya ustadz Yus belum diberitahu tentang kepergian anaknya sebab beliau sendiri masih sering tidak sadarkan diri.

Sekitar seminggu setelah itu saya menjenguk ustadz Yus yang memang sudah bisa dijenguk. Ternyata rahang mulut beliau retak dan harus dioperasi. Ketika saya jenguk, beliau masih dilarang dokter untuk bicara. Makanya beliau dilengkapi dengan whiteboard kecil sebagai media komunikasi.

Sungguh, tidak tampak wajah sedih yang berlebih-lebihan di wajah ustadz Yus. Saya tahu mestinya dalam kondisi seperti itu orang-orang biasa akan terus memperbincangkan musibah sebagai tanda berduka. Tapi beliau tetap bersahaja seperti biasa. Ketika saya tanya apa rencana beliau berikutnya, kata beliau, beliau akan ke Sudan untuk melanjutkan studi ilmu haditsnya.

Satu karakteristik ustadz Yus. Beliau tidak pernah mau berjanji. Kata Insya Allah pun tidak sembarang beliau gunakan. Ketika diundang menghadiri suatu acara, atau diminta ceramah, beliau biasanya hanya mengangguk tanda telah mengerti jadual yang diberitahukan. Seakan beliau sangat takut mendahului kehendak yang Maha Mengatur.

Ada lagi karakteristik lainnya. Ustadz Yus tidak pernah mau menerima amplop sehabis ceramah. Seakan beliau ingin menegaskan bahwa berdakwah bagi diri beliau bukan untuk cari uang. Beliau senantiasa meluruskan dan memurnikan niat di balik niatnya yang menurut saya sudah sangat lurus dan murni.

***********

Malam itu ustadz Yus akan keluar ceramah. Undangan ceramah ini dari sebuah mesjid yang sudah rutin beliau datangi. Ada keprihatinan dalam hati beliau. Beliau prihatin atas permintaan istrinya untuk menerima amplop. Makanya ketika didesak oleh sang istri, beliau akhirnya melanggar kebiasaan selama ini. Ustadz Yus mengiyakan permintaan istrinya.

Seperti biasa ustadz Yus keluar mengendarai motor bebek yang setia menemani misi dakwah beliau. Motor dipacu menuju mesjid yang dituju.

Aneh.

Ustadz Yus tidak mendapati mesjid yang dituju. Beliau berputar-putar dan terus mencari. Tapi tetap saja, mesjid yang sudah rutin didatanginya tidak didapatinya. Padahal jemaah sudah menunggu. Bukan kebiasaan ustadz Yus datang terlambat.

Aneh.

Ustadz Yus bahkan tersesat.

Akhirnya beliau menyerah. Ustadz Yus memutuskan pulang ke rumah. Dengan perasaan gundah gulana. Sesampainya di rumah, ustadz bersahaja ini menceritakan pengalamannya kepada sang istri.

Aneh.

Keesokan harinya, ustadz Yus mengecek mesjid yang beliau cari. Dengan mudah beliau menemukannya. Sebab mesjid tersebut memang rutin didatanginya.

************

"Sesungguhnya Kami menurunkan kepadamu Kitab (Al Quran) dengan (membawa)kebenaran. Maka sembahlah Allah dengan memurnikan ketaatan kepada-Nya"

Quran surah Az Zumar (2).

Kisah ustaz Yus adalah otentik. Merinding bulu kuduk saya ketika mendengar kisah ini. Bahwa orang-orang yang senantiasa ikhlas akan dijaga keikhlasannya. Dan kalau yang menjaga dan memurnikan itu adalah Allah SWT, siapakah yang bisa merusaknya?

Tidak ada komentar: